Saturday, October 4, 2014

Wisata Hutan di Gunung Pengsong

Gunung pengsong merupakan sebuah bukit batu gelap yang di tumbuhi pohon pohon rindang dengan ketinggiansekitar 200 meter di atas permukaan laut. Dengan luas sekitar 11 hektar, gunung ini memiliki keanekaragaman obejk wisata yang patut di kunjungi di pulau Lombok. Terletak di kabupaten Lombok Barat, tepatnya di desa kuripan kecamatan Labuapi.

Dalam menndaki gunung ini kita tidak akan mengalami kesulitan yang berarti, karena tempat pendakiannya sudah terdapat anak anak tangga yang berjumalh sekitar 200an anak tangga. Bahkan selama mendaki kita dapat menikmati keindahan alam sekitar, mulai dari hewan penghuni berupa kera yang termasuk primate tua endemic Indonesia, yang cukup jinak untuk kita berinteraksi dengan mereka dengan memberikan kacang ataupun pisang, hingga pemandangan hampir seluruh pulau dapat kita nikmati, pantai pantai dan lautnya, serta hamparan sawah sawah dan pemukiman penduduk pulau Lombok.

Di Puncak gunung Pengsong berdiri bangunan Pura  yang di bangun di yakini sebagai Pura pertama dan tertua di pulau Lombok, sekitar tahun 1514 oleh Ida Betara Wayan Sebali, seorang Pendeta Hindu yang berasal dari Karangasem Bali. Berdirinya pure ini juga sekaligus sebagai penanda masuknya agama Hindu ke pulau Lombok, juga menandai masa penjajahan tentara Jepang di pulau Lombok, karena di tili dari nama tempat ini di ambil dari akronim Kepeng Song atau uang Bolong yang di gunakan sebagai alat tukar di zaman penjajahan Jepang.

Sebelum memasuki tempat yang suci ini kita di sarankan menggunakan selendang kuning yang di ikatkan di pinggang untuk setiap pengunjung. Selain itu juga, di tempat ini terdapat mata air yang di sebut dengan mata air Tirta Mumbul Sari, yang di gunakan oleh umat Hindu sebagai sarana persembahyangan.
Bersama kami LOMBOK TOUR PLUS, siap memandu anda berwisata ke Gunung Pengsong ini untuk kenyamanan dan kemudahan anda, silahkan hubungi kami di nomor telepon 0370 – 7027587 atau pin BBM di 26676D76.

No comments:

Post a Comment