Monday, September 29, 2014

Taman Wisata Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian sekitar 3700 meter dari permukaan laut, ini terletak di sebelah utara Lombok Utara. Sperti tempat tempat lain di Indonesia, gunung ini juga memiliki cerita tersendiri yang di percaya oleh penduduk setempat sebagai tempat bersemayamnya ratu jin yang bernama Dewi Anjani, yang merupakan seorang putri dari raja Datu Tuan dengan permaisurinya Dewi Mas, di sebuah kerjaan kecil di Pulau Lombok.

Selain daya tarik dari seritra rakyat tersebut, gunung Rinjani memiliki pesona lam yang luar bisa indahnya. Pemandangan alamnya yang kaya dengan berbagai macam kehidupan baik flora maupun fauna. Mulai dari tumbuhan tumbuhan langka, berapa jenis burung Australia, monyet perak yang berasal dari Bali, rusa, landak, dan terutama monyet ekor panjang. 

Dan tempat yang paling eksotis dari gunung Rinajani ini adalah subuah danau yang terbentu akibat letusan letusan gunung Rinajni sekitar 2 juta lalu dengan luas berkisar  1 hektar dan kedalaman sekitar 200 meter, dengan warna airnya yang biru seperti air Laut, karena itulah danau ini di sebut Danau Segare Anak, dari bahasa sasak ‘Segare’ yang artinya Laut. Dan karena airnya yang mengandung belerang, jika kita mandi di danau ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit, uniknya, walau air danau ini mengandung belerang, iakn ikan berupa ikan mujair dan ikan karper dapat hidup di dalamnya. Keunikan lainnya dari danau ini juga terdapat sebuah gunung baru yang mana setiap tahunnya bertambah tinggi, di sebut Gunung Baru Jari yang artinya gunung baru jadi. 

No comments:

Post a Comment